Sabtu, 31 Januari 2009 - 14:11:28 WIB
Monumen Menghormati Pelempar Sepatu Bush
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Politik - Dibaca: 95102 kali

Wartawan pelempar sepatu ke arah mantan Presiden Amerika Serikat George W Bush Desember lalu, benar-benar menjadi pahlawan. Sebuah kota di Irak bahkan membuatkan monumen sepatu untuk menghormatinya. Seperti diberitakan Reuters, Jumat (30/1/2009), monumen sepatu yang terletak di kota Tikrit Irak tersebut diresmikan Kamis kemarin. Sepatu sepanjang dua meter itu dilapis material berwarna perunggu.

"Muntazar: Puasa (bicara) hingga pedang menyayat kebisuan dengan darah. Sunyi hingga mulut kami menyuarakan kebenaran," demikian tertulis di monument itu. Saat melemparkan sepatunya ke Bush dalam sebuah konferensi pers di Baghdad, wartawan televisi Al Baghdadia itu mengucapkan bahwa Bush merupakan orang yang bertangung jawab atas kematian ribuan warga Irak. Zaidi juga menyebut Bush dengan kata "anjing".

Sejak insiden itu Zaidi medekam di penjara Baghdad. Dia menghadapi tuntutan penyerangan terhadap tamu negara dengan ancaman hukuman penjara hingga 15 tahun.

Pimpinan rumah yatim piatu dan organisasi kesejahteraan anak Tikrit Fatin Abdul Qader mengatakan monumen itu didesain oleh Laith Al Amiri dengan bobot keseluruhan sekira 1,2 ton. Tema monumen tersebut adalah "Patung Semangat dan Kedermawanan".

"Monumen ini merupakan ekspresi penghargaan dan apresiasi kami untuk Muntazhar Zaidi akrena hati orang-orang Irak akan tenang dengan leparan sepatunya," kata Fatin. (sumber: sabili.co.id)


Komentar :



Isi Komentar :
Nama
Website
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)